Cara Memilih Benih Yang Baik Bagi Ditanam (Buah dan Sayur)

Mengisi pekerjaan luang di masa pandemi, tidak sedikit orang mengupayakan bercocok tanam, sebelum memilih embrio apa yang hendak ditanam betapa baiknya anda mengerti teknik melihat apakah embrio tersebut masih bagus atau telah rusak.

Pemilihan embrio yang bagus bakal membuat embrio tersebut tumbuh sedangkan embrio yang tidak bagus atau bahkan rusak melulu akan menyia-nyiakan media tanam atau waktu, karena embrio sudah tentu tidak bakal tumbuh sebab benihnya sendiri rusak.

Berikut anda akan mengupayakan telaah satu per satu bagaimanakah ciri-ciri embrio itu masih baik atau sudah bobrok atau tidak baik.

Ciri-Ciri Benih Yang Baik

 

Benih yang baik dapat didapatkan dari kesatu melakukan pembelian di toko pertanian atau melakukan pembelian langsung dari petani, baik di toko atau dari petani saya dan anda butuh tetap memperhatikan sejumlah faktor agar mendapatkan embrio yang terbaik.

Benih Dari Toko Pertanian

Hal-hal yang mesti diacuhkan dalam pembelian embrio di toko pertanian merupakan:
1. Kemasan atau bungkus embrio yang dibeli baik, dengan kata lain tidak terdapat ada lubang sampai-sampai udara dapat masuk ke dalam kemasan
2. Pastikan membeli embrio yang belum expired atau kedaluwarsa menanamnya sebelum batas tanggal kedaluwarsanya.
Toko Pertanian dimana embrio dibeli mesti terpercaya atau dapat dilihat dari kemasan embrio yang dijual, bilamana kemasan itu bagus dan pribumi maka dapat dijamin bagus, andai kemasannya repacking usahakan tidak dibeli karena embrio yang dikemas ulang rentan terhadap serangan penyakit.
1. Ketika sudah melakukan pembelian benihnya, ketika akan menyemai dapat dilihat embrio yang baik bakal nampak bersih dari kotoran, teksturnya kuat, embrio kokoh dan tidak keropos, bilamana menemukan embrio yang kelihatannya keropos dapat langsung dibuang.
2. Benih boleh direndam ke dalam air, di samping mempermudah proses masuknya air ke benih sayuran, proses ini dapat untuk memahami apakah embrio itu baik atau tidak, bilamana benih tenggelam dengan kata lain baik kebalikannya bila embrio mengapung dengan kata lain benih rusak.
Benih Dari Petani
Beberapa petani tidak sedikit yang mengubah biji menjadi embrio sendiri, alih-alih menggunakan uang guna membeli embrio di toko pertanian, lebih baik menggunakannya untuk keperluan lain. Namun apakah embrio yang dibeli dari petani langsung baik atau tidak, inilah hal-hal yang mesti diacuhkan ketika membeli embrio ke petani langsung.
1. Pastikan petani yang anda beli embrio kepadanya ialah petani yang telah berpengalaman. Karena petani kawakan lebih memahami tentang pengolahan biji menjadi embrio serta mengawal mutu benihnya nanti.
2. Selanjutnya ialah tahapan yang sama dengan langkah nomer 3 & 4 di atas.
Benih yang biasa dipasarkan petani yang memproduksi embrio sendiri biasanya ialah benih Kangkung, sebab tumbuhan ini mudah diasuh dan cepat dipanen, sampai-sampai dapat menghasilkan hasil yang cukup

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *