Elemen dalam desain Katalog Elektronik

 

Software Procurement Di dalam setiap halaman katalog elektronik, terdapat banyak elemen yang menjadikannya sebuah katalog produk. Mendesain katalog elektronik yang bagus perlu mempertimbangkan setiap elemennya. Apa saja elemen dalam desain katalog elektronik?

  • Ilustrasi

Ilustrasi di dalam brosur ditujukan untuk lebih mendeskripsikan produk secara visual sehingga calon pembeli memahami pesannya. Ilustrasi tidak boleh asal karena harus ada konsep yang matang selain dari estetika.

 

  • Materi

Di dalam katalog elektronik, materi yang disampaikan kepada calon pembeli harus dapat mengkomunikasikan tujuannya. Cara penyampaian mudah serta kalimat-kalimatnya gampang dicerna oleh pembaca.

 

  • Tipografi

Dalam dunia desain grafis, ada istilah tipografi. Orang awam mengenalnya dengan font. Tipografi sebenarnya adalah seni tulisan. Katalog elektronik yang memiliki tipografi selaras akan terlihat sangat estetik. Ukuran font tidak terlalu kecil, juga tidak kebesaran. Untuk pemilihan warna font, sebaiknya dikontraskan dengan warna latarnya.

 

  • Komposisi

Komposisi disini merupakan elemen warna. Pemilihan warna palet yang mendatangkan perasaan tertentu bagi calon pembeli. Konsep palet warna ini harus didiskusikan lebih dulu agar tidak sampai warna-warna yang digunakan tidak mewakili brand dan melenceng dari tujuan awal.

 

  • Layout

Terakhir ada layout. Elemen ini menggabungkan semua elemen di atas, mulai dari konten, komposisi, dan ilustrasi. Letak-letak foto dan teks harus seperti apa. Kalau katalog cetak masih harus mempertimbangkan kertas yang digunakan untuk printing katalog, dunia digital tidak membutuhkan hal itu.

 

Semua elemen dalam katalog elektronik harus selaras agar tidak terlihat seperti tempelan-tempelan yang tidak rapi. Setiap elemen dapat membuat katalog jadi lebih baik atau malah lebih buruk – bergantung dari keahlian desainer memadupadankan elemen tersebut.

 

  • Call to action

Elemen yang satu ini hanya ada di dalam katalog elektronik bukan cetak. Disini kita ingin calon pembeli untuk take action. Entah itu membagikan katalog produk atau menambahkan ke cart. Elemen ini keberadaanya cukup penting karena dapat dijadikan parameter kesuksesan sebuah katalog online.

Saran desain untuk katalog elektronik

Usahakan desain katalog Anda memiliki elemen layout yang tidak lekang oleh waktu. Hal ini untuk mengantisipasi pergantian trend jika Anda tidak ingin mengupdate katalog secara berkala dan untuk waktu yang lama.

Katalog elektronik yang profesional dapat dibuat oleh desainer grafis yang berpengalaman dan memahami bagaimana menyelaraskan setiap elemen dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *