Tips Memakai Jasa Tukang guna Membangun Rumah

Anda tentu tak hendak keluar, tidak sedikit uang untuk membayar tukang renovai rumah, dengan hasil tak sepadan. Entah setelah berlalu dibangun, lokasi tinggal ternyata mudah bocor, atau pintu dan jendela sulit ditutup, atau masalah-masalah lain.

Intinya: lokasi tinggal impian kamu jadi jelek mungkin sebab pemilihan pelajaran bangunan yang buruk, atau pengerjaan yang asal-asalan.

arsitektur, berbagi tips mengenai apa saja yang harus kamu cermati dalam membina rumah idaman.

 

  1. Perhatikan rekam jejak tukang atau kontraktor

Ini sangat urgen untuk keberhasilan pembangunan. Jangan tak sempat tanyakan untuk kontraktor atau tukang bangunan yang kamu sewa: pernah menggarap apa saja sebelum ini?

“Datangi lokasi tinggal yang pernah ia bangun. Kalau perlu, tanya empunya rumah bagaimana hasil kerja tukang itu,” kata Griffith.

 

  1. Ketahui apa yang ingin digarap

Anda butuh tahu rincian apa saja yang ingin kamu bangun atau renovasi, dan besaran kegiatan yang bakal dibebankan untuk tukang bangunan atau kontraktor.

Jika lingkup kegiatan sedikit, kamu bisa mencarter jasa tukang bangunan harian (dengan sistem pembayaran per hari. Namun andai pekerjaan banyak, kamu disarankan untuk mencarter jasa tukang bangunan borongan.

 

  1. Buat kontrak tertulis

Kontrak (Foto: Pixabay/Andibreit)

Ini pun penting, dan amat diperlukan supaya kontraktor bertanggung jawab atas pekerjaannya. Ini pun guna berjaga-jaga andai nantinya terdapat masalah pada pembangunan, mulai rumah mudah rusak sampai roboh.

berapa bayaran mereka, masa-masa pengerjaan, dan bahan-bahan yang digunakan.

Jangan lupa, mohon fotokopi KTP mandor atau kepala tukang.

 

  1. Gunakan jasa konsultan arsitektur

Arsitek sedang menggambar. (Foto: Pixabay/Andreas)

Pengawasan arsitek sangat urgen untuk kelancaran kegiatan tukang. Sementara orang Indonesia masih jarang memakai jasa konsultan arsitektur untuk membina rumahnya.

Alasannya, jasa arsitek mahal dan “toh” melulu membantu merancang format rumah.

Padahal, arsitek pun membantu menghitung ongkos yang mesti dikeluarkan, memilih bahan sesuai keperluan –sehingga kamu dapat terhindar dari penipuan material yang dipakai tukang, sampai memantau pekerjaan tukang supaya lebih efektif dan efisien.

Dengan kata lain, eksistensi arsitek justru dapat memperkecil pengeluaran. kita pun dapat memilih jasa arsitek yang cocok dengan anggaran.

“Jika tidak lumayan uang untuk menggunakan jasa arsitek profesional, kamu bisa mencarter mahasiswa arsitektur. Mereka dapat dan tidak sedikit yang pintar,” ujar Griffith.

Pembangunan rumah. (Foto: Flickr/Bryan)

Poin kedua dari keterangan Griffith mencantol tukang bangunan harian atau borongan, sering menjadi titik lemah mereka yang berkeinginan membangun rumah.

ADVERTISEMENT

 

Tukang bangunan harian dan keseluruhan ini dua tipe yang berbeda. Bagi harian, pembayaran upah pekerja dihitung per hari. Misalnya standar bayaran di Jakarta dan sekitarnya Rp 150 ribu masing-masing hari per tukang.

Standar upah harian pun tergantung luas bangunan yang digarap dan desain yang dibuat. Jika desain lebih rumit, harga bakal lebih mahal.

Untuk borongan, upah ditunaikan keseluruhan sampai kegiatan selesai.

Pada sejumlah kasus, dibanding upah harian, upah keseluruhan cenderung lebih cepat pada pengerjaan, tetapi kualitas kegiatan kadang tidak cukup bagus.

ADVERTISEMENT

 

Namun, menurut keterangan dari Solihin, seorang tukang bangunan yang sedang menggarap proyek renovasi lokasi tinggal di Bekasi, kualitas kegiatan tak ditentukan oleh sistem pembayaran.

“Kalau kegiatan tukang tersebut rapi, walaupun keseluruhan juga tetap rapi,” kata Solihin.

Ia pun tak setuju dengan pendapat bahwa tukang bangunan yang ditunaikan harian ingin lambat bekerja. Menurutnya, kadang tukang bangunan meninggalkan kegiatan untuk kelak bukan supaya mendapat bayaran lebih, namun memang tidak dapat dilanjutkan hari itu.

“Misalnya masang bata telah tinggi, walaupun masa-masa kerja masih ada, anda tidak dapat meneruskan sebab harus menantikan kering agar konstruksi tidak roboh,” ujar Solihin.

Ucapan Solihin itu dibetulkan Griffith. Menurutnya, pemakai jasa kontraktor atau tukang bangunan mesti tahu betul lingkup kegiatan yang dibebankan untuk tukang.

ADVERTISEMENT

 

Kunci lainnya merupakan pada pengawasan. Di sinilah peran urgen arsitek –bahkan untuk lokasi tinggal sederhana, supaya ia dapat mengawasi betul kegiatan tukang bangunan sampai-sampai hasil akhir bangunan memuaskan laksana yang kamu harapkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *