Inilah Langkah Mudah Melakukan Pencatatan Keuangan, Yuk Coba!

  • Share

Dalam sebuah operasional perusahaan, pencatatan keuangan memegang peranan penting. Baik usaha dengan skala kecil maupun besar, harus ada catatan keuangan di dalamnya. Selain untuk proses administrasi, hal tersebut juga memudahkan kita untuk mengelola keuangan usaha.

Melakukan mencatat uang baiknya dibuat dengan sesederhana mungkin, supaya kita sebagai pelaku usaha tidak terlalu pusing saat menyajikan laporannya dalam kurun waktu tertentu. Tak hanya itu, laporan yang diberikan pun harus se-informatif mungkin.

Namun, sekarang Anda tidak perlu bingung membuat catatan keuangan yang sederhana dan mudah untuk Anda coba.

Berikut 5 langkah yang harus Anda ketahui :

1. Membuat Buku Kas Masuk

Buku ini digunakan khusus untuk mencatat segala jenis transaksi masuk dimulai sejak berjalannya usaha Anda. Saldo awal pun menjadi hal utama yang nantinya akan dijadikan dasar untuk operasional usaha.

Pastikan tidak ada yang terlewat, begitu juga piutang yang masuk juga jangan sampai tidak tercatat ya!

2. Membuat Buku Kas Keluar

Pengeluaran sekecil apapun tetap harus dicatat.
Karena, hal ini berfungsi untuk melihat keseimbangan kas usaha Anda di akhir periode.

3. Membuat Buku Stok Barang

Tidak hanya arus keuangan, namun arus keluar-masuknya barangpun harus dipantau oleh para pelaku usaha. Supaya terlihat seberapa lancar dan produktifnya produk yang kita jual.

4. Membuat Buku Aset

Buku ini berisi catatan semua aset ataupun inventaris yang usaha Anda miliki.

Fungsi dari pencatatan ini adalah untuk menjaga sarana dan prasarana, serta bisa juga sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengadaan atau pemeliharaan.

5. Membuat Buku Kas Utama

Membuat rangkuman seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran baik uang maupun barang yang sudah dijalankan juga sangat penting untuk dibuat. Supaya di akhir periode bisa terlihat sejauh mana kondisi usaha Anda.

Nah, itulah langkah untuk melakukan pencatatan yang sederhana. Sebagai permulaan, Anda bisa mengaplikasikan hal tersebut secara manual terlebih dahulu.

Pastikan Anda membuatnya sesuai urutan dan memasukkan data secara valid. Sehingga, di akhir periode Anda bisa mengevaluasi kinerja dari usaha yang Anda jalani melalui pencatatan keuangan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *