Kelebihan dan Kekurangan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

  • Share

Universitas Terbaik di Medan ~ Kamu barangkali saat ini sedang bingung memilih antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Padahal andai pembahasan mengenai perguruan tinggi, perguruan tinggi swasta (PTS) tidak jarang kali kalah telak bila dikomparasikan dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Di Indonesia, anggapan bahwa seseorang yang sukses masuk perguruan tinggi negeri dengan kata lain lebih cerdas dikomparasikan para mahasiswa yang diterima pada perguruan tinggi swasta. Biaya perkuliahan di PTS pun terbilang lebih mahal andai kamu bandingkan dengan perguruan tinggi negeri atau PTN. Begitulah anggapan yang terus berkembang di semua masyarakat Indonesia.

Perbandingan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Fakta sebenarnya, perguruan tinggi negeri dan swasta tentu punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika kamu hendak tahu lebih lanjut mengenai Kedua jenis perguruan tinggi, berikut ialah informasi yang dapat kamu simak:

1. Kualitas Pendidikan

Status perguruan tinggi tidak dapat menilai kualitas pendidikan tetapi kamu dapat melihat suatu kampus yang punya kualitas edukasi baik tentu akan terakreditasi A. Masing-masing Prodi ataupun jurusan tentu punya kelompok akreditasi. Misalnya suatu PTS dapat berakreditasi B jauh lebih baik bilamana kamu mesti kuliah di PTN yang terakreditasi C. Contoh lainnya, lebih baik kuliah di PTS dengan jurusan Kedokteran terakreditasi A daripada kuliah di PTN dengan jurusan itu dan masih terakreditasi B. Hal beda yang mustahil dihindari ialah semakin tinggi akreditasi lembaga atau jurusan maka semakin besar pula kompetisi masuk.

Itulah kenapa akhirnya muncul kepercayaan kualitas PTN lebih unggul bila dikomparasikan kualitas PTS karena kemudahan pendidikan PTN terbatas cocok pagu perkiraan Kementerian. Sementara tersebut PTS punya kemerdekaan melengkapi kemudahan sesuai keperluan pendidikan semua mahasiswanya. Kualitas edukasi juga dapat dilihat dari tenaga pendidik. Apakah benar bahwa semua dosen PTN selalu berbobot | berbobot | berkualitas dibandingkan PTS? Tidak semudah tersebut karena penerimaan kualitas tenaga pendidik di PTN tentu ada standar lebih jelas bila dikomparasikan dengan PTS. Itulah kenapa PTS dapat punya pendidikan berbobot danĀ  berkualitas dan reputasi internasional bila sukses melihat kualitas tenaga pendidiknya.

2. Biaya Pendidikan

Fakta berikutnya dan telah menjadi rahasia umum bahwa perguruan tinggi negeri dan swasta memiliki perbedaan dalam hal ongkos pendidikan. Perguruan tinggi swasta atau PTS memberikan ongkos perkuliahan yang terbilang mahal sebab seluruh sarana dan prasarana benar-benar tidak dari perkiraan pemerintah namun dari pembiayaan Mandiri. Sedangkan guna mahasiswa perguruan tinggi negeri ongkos kuliahnya Sudah ditata oleh permen Ristekdikti. PTN menyerahkan akses mudah untuk para mahasiswanya supaya dapat memakai beasiswa pemerintah.

3. Prospek Kerja

Ketika perusahaan menggali sumber daya insan baru biasanya tidak lepas dari riwayat pendidikan. Bahkan ada tidak sedikit perusahaan yang secara terang-terangan meminta supaya calon pelamar adalahlulusan kampus terakreditasi paling tidak B atau ingin pada alumni PTN. Hal tersebut sebab memang pada faktanya, jumlah perguruan tinggi negeri yang telah terakreditasi A lebih tidak sedikit jika dikomparasikan dengan jumlah perguruan tinggi swasta. Namun urusan itu tidak menjadi patokan bahwa alumni perguruan tinggi swasta tidak punya prospek kerja semenarik alumni perguruan tinggi negeri.

Tidak tidak banyak perguruan tinggi swasta sukses membangun jaringan internasional atau jaringan kerjasama dengan perusahaan besar. Jadi, prospek kerja Mahasiswa juga dapat ditentukan dari keterampilan kampus dalam menjalin kerjasama dan memberikan pertolongan karir untuk para alumninya. Kelebihan dan kelebihan perguruan tinggi negeri dan swasta. Masing-masing mempunyai kelebihan dan tidak dapat disamaratakan atau diunggulkan pada satu di antara jenis perguruan tinggi saja.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *