Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

 

 

 

Alat Bantu Dengar – Gangguan pada telinga bisa terjadi pada siapa saja dan lazimnya dikaitkan dengan gangguan pendengaran pada orangtua sebab usia atau presbikusis.
Namun, sebetulnya gangguan pada telinga tidak melulu berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi pun dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi.
Gangguan telinga dapat saja hadir sewaktu-waktu. Oleh karena itu, terdapat tidak sedikit penyebab gangguan pada telinga. Simak tulisan ini untuk memahami apa saja penyebabnya!

Jangan Anggap Sepele, Telinga Berdarah Bisa Disebabkan 7 Penyebab Serius Ini
Kerap Alami Telinga Berdenyut? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya
Penyebab Telinga Gatal, Bukan Hanya sebab Kotoran Menumpuk
Penyebab gangguan pada telinga
Gangguan pada telinga tentunya paling meresahkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Terdapat sekian banyak penyebab gangguan pada telinga, seperti:

1. Kotoran telinga
Kotoran telinga adalahproses alami tubuh untuk mencuci telinga, namun kotoran telinga yang berlebih dan menumpuk dapat mengakibatkan gangguan pada telinga.
Saat kotoran telinga menumpuk atau tidak dimurnikan dengan benar, maka kotoran telinga bisa mengeras dan merintangi saluran telinga serta mengganggu proses hantaran suara.
Terkadang, Anda bisa kehilangan pendengaran serta merasakan rasa sakit dan gatal pada telinga. Namun, tidak boleh mencoba untuk menerbitkan kotoran telinga memakai cotton bud. Berkonsultasilah untuk dokter untuk menangkal infeksi sebab kotoran telinga.

Gangguan pada telinga bisa terjadi pada siapa saja dan lazimnya dikaitkan dengan gangguan pendengaran pada orangtua sebab usia atau presbikusis.
Namun, sebetulnya gangguan pada telinga tidak melulu berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi pun dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi.Gangguan telinga dapat saja hadir sewaktu-waktu. Oleh karena itu, terdapat tidak sedikit penyebab gangguan pada telinga. Simak tulisan ini untuk memahami apa saja penyebabnya!

Jangan Anggap Sepele, Telinga Berdarah Bisa Disebabkan 7 Penyebab Serius IniKerap Alami Telinga Berdenyut? Pahami Penyebab dan Cara MengatasinyaPenyebab Telinga Gatal, Bukan Hanya sebab Kotoran Menumpuk
Penyebab gangguan pada telinga
Gangguan pada telinga tentunya paling meresahkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Terdapat sekian banyak penyebab gangguan pada telinga, seperti:

1. Kotoran telinga
Kotoran telinga adalahproses alami tubuh untuk mencuci telinga, namun kotoran telinga yang berlebih dan menumpuk dapat mengakibatkan gangguan pada telinga.Saat kotoran telinga menumpuk atau tidak dimurnikan dengan benar, maka kotoran telinga bisa mengeras dan merintangi saluran telinga serta mengganggu proses hantaran suara.Terkadang, Anda bisa kehilangan pendengaran serta merasakan rasa sakit dan gatal pada telinga. Namun, tidak boleh mencoba untuk menerbitkan kotoran telinga memakai cotton bud. Berkonsultasilah untuk dokter untuk menangkal infeksi sebab kotoran telinga. 2. Suara yang keras
Suara yang keras, laksana suara mesin, ledakan, memperhatikan musik dengan keras memakai earphone dalam masa-masa yang lama dapat memunculkan gangguan pada telinga.Suara yang keras bisa menyebabkan kehancuran pada saraf dan rambut-rambut pada koklea telinga yang mengantarkan sinyal suara ke otak. Kerusakan tersebut mengakibatkan sinyal suara tidak tersalurkan dengan baik dan mengakibatkan kehilangan pendengaran.Suara yang keras pun dapat menciptakan gendang telinga pecah yang pastinya dapat menyebabkan gangguan pada telinga, terutama di unsur pendengaran.

3. Tekanan udara
Umumnya, efek desakan udara terhadap telinga dapat dialami saat sedang di pesawat. kita mungkin menikmati rasa sakit dan kendala mendengar guna sementara. Pada permasalahan yang parah, peralihan tekanan udara yang seketika dapat mengakibatkan pecahnya gendang telinga dan mengakibatkan gangguan pada telinga.

 

4. Usia
Hal yang wajar andai orang berusia lanjut merasakan gangguan pada telinga, berupa gangguan pendengaran (presbikusis).Serupa dengan suara keras, hal usia dapat mengakibatkan menurunnya faedah saraf dan rambut-rambut pada koklea telinga, faedah gendang telinga, dan faedah tulang-tulang yang menghantarkan suara ke telinga unsur dalam.

5. Air
Jika Anda tidak jarang berenang, kita pasti tak asing dengan situasi ini. Saat kita berenang, air dapat saja terperangkap dalam telinga dan merangsang timbulnya bakteri yang mengakibatkan infeksi.Biasanya gangguan pada telinga yang dirasakan ialah rasa sakit ketika telinga unsur luar disentuh.

 

6. Kondisi medis tertentu
Kondisi medis atau penyakit tertentu dapat mengakibatkan gangguan pada telinga. Sakit gigi dapat mengakibatkan rasa sakit di telinga sebab saraf pada gigi dan telinga dekat dengan satu sama lainnya.Kondisi medis lainnya, laksana infeksi pada tenggorokan, flu, alergi, sakit pada rahang, tumor, dan sebagainya, dapat mengakibatkan gangguan pada telinga.
Gejala kehilangan pendengaran dampak gangguan pada telinga
Gangguan pada telinga dapat menyebabkan berkurangnya keterampilan untuk mendengar, sejumlah gejala kehilangan pendengaran merupakan:
• Kesulitan untuk memperhatikan konsonan
• Perlu mendongkrak volume televisi atau radio
• Percakapan dan suara tersiar sayup-sayup
• Kesulitan memahami kata-kata, terutama saat berada dalam kerumunan atau ada suara-suara lainnya
• Sering meminta lawan bicara untuk berkata lebih jelas, pelan, dan keras
Kondisi kehilangan pendengaran dampak gangguan pada telinga dapat membuat kita atau kerabat menjauh dari lingkungan sosial atau menghindari percakapan.

Cegah kehilangan pendengaran sebab gangguan pada telinga
Terdapat sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menangkal kehilangan pendengaran dampak gangguan pada telinga, di antaranya:
• Mengikuti pengecekan pendengaran, khususnya bila kita mengalami kendala dalam mendengar atau bekerja dalam lingkungan yang bising
• Hindari aktivitas-aktivitas yang berpotensi menciptakan gangguan pada telinga yang merangsang kehilangan pendengaran, seperti memakai perkakas yang berbunyi keras, memperhatikan konser musik rock, dan sebagainya.
• Buatlah jeda dari suara-suara yang bising atau menurunkan volume dari suara yang didengarkan untuk menangkal gangguan pada telinga
• Lindungi telinga dengan meminimalisir intensitas atau durasi terkena suara, Apabila lokasi kerja bising, Anda dapat menggunakan penutup telinga berbahan plastik atau yang mengandung gliserin

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *