SEJARAH PENTING JASA SEWA MOBIL DI DUNIA

Di zaman yang serba canggih ini, hadir sekian tidak sedikit jenis bisnis baru di tengah masyarakat. Sebagian ialah bisnis yang benar-benar baru, sedangkan sebagian yang lainnya ialah transformasi dari bisnis lama. Salah satu bisnis baru yang bertransformasi di era ini merupakan bisnis sewa mobil.

Rental mobil atau jasa sewa mobil merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan mobil untuk disewa dengan jangka waktu tertentu, mulai dari hitungan jam sampai hari. Perusahaan jenis ini biasanya mempunyai sejumlah cabang atau anak cabang yang terletak di sebanyak kota besar. Kebanyakan berlokasi di sebanyak pusat keramaian atau pusat kota, bandara, stasiun, dan tempat wisata. Penyedia jasa rental mobil seringkali pun meluangkan jasa sopir yang semakin mempermudah semua pelanggan. Namun demikian, tahukah anda bahwa rental mobil memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik? Demikian kami sajikan untuk Anda.

 

Sejarah Singkat Rental Mobil

Dahulu di Negara-negara besar di Benua Eropa, kuda dan kereta menjadi perlengkapan transportasi utama yang cukup canggih. Kuda dan kereta menjadi pengampu sekian tidak sedikit kehidupan masyarakat. Sedangkan di sisi lain produksi mobil masih sangat terbatas, karena tekhnik produksinya masih tradisional dan harganya masih sangat mahal. Sehingga mobil menjadi sebuah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Sehingga, guna siapa saja yang berkeinginan menggunakan mobil harus menyewanya dari sebanyak penyedia jasa sewa mobil.

Berdasarkan penjelasan dari sumber yang ada, praktek penyewaan mobil sudah dimulai sejak tahun 1906. Di tahun 1912, muncul sebuah perusahaan Jerman memiliki nama Sixt yang menyediakan tiga buah mobil untuk disewakan. Pada tahun 1917, seorang pengusaha memiliki nama Joe Saunders berasal dari Omaha, Nebraska memulai usaha rental mobilnya dengan menyewakan sebuah mobil model jenis T Ford di tahun 1916. Setahun kemudian, pada tahun 1917 perusahaannya yang memiliki nama Ford Livery berkembang dan bisa menyewakan 18 model mobil Ts dengan harga sewa 10 sen permile. Selanjutnya perusahaannya yang telah lama dirintisnya berubah nama menjadi Saunders Drive-It-Yourself System dan kemudian menjadi Saunders System. Akhirnya pada tahun 1926 perusahaan sewa ini bisa mengekspansi 56 kota dan pada tahun 1955 dibeli oleh Avis.
Sejarah Penting Jasa Sewa Mobil di Dunia sumber unsplash

Di Chicago, pada tahun 1918 berdiri sebuah perusahaan jasa sewa mobil memiliki nama Walter L. Jacobs dengan duabelas mobil Ford Model T. Perusahaan ini menjadi salah satu pesaing Sauder. Pada tahun 1923 perusahaan ini dibeli oleh John Hertz. Di Inggris, usaha sewa mobil baru dimulai pada tahun 1920 oleh Godfrey Davis. Perusahaan ini terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Hingga pada tahun 1981, akhirnya perusahaan ini dibelu oleh salah satu perusahaan memiliki nama Europcar. Usaha sewa mobil berkembang dengan pesat di Amerika Serikat sekitar tahun 1926. Sampai-sampai sebuah asosiasi memiliki nama American Driveurself Association terbentuk dan beranggotakan lebih dari 1200 duta dari Chicago.

Perkembangan Jasa Sewa Mobil

Pasca terjadinya Perang Dunia II, masyarakat semakin sering menggarap perjalanan jauh atau bepergian. Hal ini berpengaruh paling siknifikan terhadap bisnis sewa mobil. Pada akhirnya muncul sebanyak perusahaan rental mobil yang tak asing bahkan di kancah Internasional seperti National Car Rental (1947, Europcar (1949), Enterprise Rent-A-Car (1957), Thrifty Rent A Car (1958), dan Budget Rent a Car (1958).

Jasa Sewa Mobil Di Indonesia

Di Indonesia sendiri jasa sewa mobil sudah berkembang dengan pesat sejak sepuluh tahun terakhir. Kita dapat menemukan tidak sedikit penyedia jas dengan  macam armada di kota-kota besar . Di samping itu, di era globalisasi yang kian maju  jasa sewa mobil  sudah dilengkapi dengan situs web, akun media sosial dan system sewa online. Alhasil, kini urusan sewa menyewa mobil semakin berkembang dan mudah.untuk anda yang ingin sewa mobil di daerah jakarta timur dan sekitar nya bisa kunjungi sewa mobil jakarta timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *