Umroh itu Wajib ?

  • Share

Bagi yang menunaikan umrah atau haji karena mendapat banyak makanan, dapat melakukan amalan berikut, yaitu di kota Madinah, jika mengunjungi Masjid Quba untuk shalat minimal dua rakaat, pahalanya seperti umrah.

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Kita sudah mengetahui dan sudah jelas bagaimana hukum pelaksanaan haji. Namun bagaimana hukum umroh yang di dalamnya terdapat dua ibadah utama yaitu Thowaf mengelilingi Ka’bah dan Sa’i antara Shofa dan Marwah?

Dalam hal ini terjadi miskonsepsi (kawin silang pendapat) di kalangan ulama. Ulama Malikiyah, sebagian besar ulama Hanafiyah berpendapat bahwa ‘Umrah adalah sunnah Muakkad, yaitu ‘Umrah sekali seumur hidup.

Sedangkan sebagian ulama Hanafiyah lainnya berpendapat bahwa umrah itu wajib sekali seumur hidup karena menurut ketentuannya sunnah Muakkad itu wajib.

Pendapat terkuat Imam Syafi’i juga merupakan pendapat para ulama Hambali bahwa umrah itu wajib sekali seumur hidup. Imam Ahmad sendiri berpendapat bahwa ‘Umrah tidak wajib bagi penduduk Mekkah karena pilar utama ‘Umrah adalah Thowaf di sekitar Ka’bah.

Mereka, orang-orang Mekah, telah melakukan ini berkali-kali, jadi itu sudah cukup bagi mereka.
Ulama Hanafiyah dan Malikiyah berpendapat bahwa ‘Umrah adalah Sunnah, dengan alasan bahwa Hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang ‘umrah, wajib atau sunnah.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak. Jika kamu umrah maka Afdhol.” (HR. Tirmidzi No. 931, Hadits Sanad ini Dho’if sebagaimana dikatakan oleh Syekh Al Albani).
Pendapat terkuat dalam hal ini, ‘Umrah adalah wajib bagi mereka yang mampu sekali dalam seumur hidup.

Sedangkan pendapat bahwa hukum adalah sunnah (mu’akkad) didalilkan dengan dalil yang lemah (dho’if) sehingga tidak dapat dijadikan sebagai alat bukti. Jadi bagi yang mampu, cobalah umroh sekali seumur hidup.

Namun perlu diperhatikan bahwa ibadah umrah dapat dilakukan secara langsung dengan haji, yaitu dengan menunaikan haji Tamattu atau Qiran. Karena di Haji Tamattu’ dan Haji Qiran sudah ada ‘Umrah di dalamnya. Wallahu a’lam.

Semoga Allah memudahkan kita dalam setiap ibadah. Anda bisa menggunakan jasa umroh menggunakan aksara umroh.

Untuk agendanya, aksara umroh ada paket Umroh Desember 2022, yuk nantikan!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *